Cara Mudah Menghilangkan Navbar (Navigation Bar)

Thursday 3 February 2011

Menghilangkan Navbar sebenarnya gampang-gampang susah , apalagi setiap template berbeda-beda jenisnya. Adapun disini saya hanya sedikit berbagi ilmu walaupun sebenarnya saya juga baru belajar, tapi apa salahnya pengalaman yang ada di imformasikan buat yang lain siapa tau ada mamfaatnya. Ya tanpa berpanjang lebar langsung saja keTKP atau penjelasannnya yaitu navbar merupakan fasilitas yang dimiliki oleh Blogger atau blogspot, bentuknya berupa kotak memanjang kesamping yang terletak di bagian paling atas dari blog yang fungsinya antara lain untuk mulai melakukan Sign In/out atau bisa juga membuat Blog baru.
Dan yang lebih penting sebenarnya Navigation Bar juga bisa digunakan untuk melaporkan kecurangan atau tindak kejahatan weblog yang dilakukan oleh seorang blogger atau heaker dsb. Contoh lain misal kontent blognya yang melanggar TOS atau hal-hal yang dianggap merugikan orang lain. Jadi sebenarnya ada juga pungsinya kalau mau tetap dicantumkan, so bagi rekan-rekan yang mau menghilangkan silahkan berpikir terlebih dahulu.

Dari semua itu saya juga tidak bisa mengenterfensi rekan-rekan sekalian karena memang ada beberapa blogger yang merasa akan lebih enak jika melihat tampilan blognya dalam keadaan bersih tanpa harus ada bagian mencolok di bagian atas blognya sendiri (NavBar). Karena itu, kadang para blogger menghapus NavBar tersebut. Pertanyaannya berikutnya: Apakah tidak menyalahi aturan yang telah dibuat oleh Blogger itu sendiri / Term of Service (TOS) dari Blogger.com?
Setau saya untuk masalah ini, kenyataannya banyak juga para blogger yang telah menghilangkan Navbar mereka dan tidak juga mendapat teguran dari blogger. Jadi kesimpulannya , bisa dilakukan. Yang pasti di TOS Blogger sendiri juga tidak ada aturan yang cukup terperinci mengenai hal ini.

Pertanyaannya bagaimana menghilangkan Navigation Bar?
Ada beberapa penyedia template yang memang sudah tidak ada NavBar-nya. Namun bagi sebagian rekan-rekan yang memakai template yang masih ada NavBarnya dan ingin menghilangkannya adalah sebagai berikut

1. Saudara/ri harus Login dulu di Blogger.com / Blogspot.com
2. Trus Pilih Layout --> Edit HTML
3. Copy script berikut ke dalam tag head
#navbar-iframe {
display: none !important;
}

contohnya sebagai berikut :
-----------------------------------------------
Blogger Template Style
Name: Son of Moto (Mean Green Blogging Machine variation)
Designer: Jeffrey Zeldman
URL: www.zeldman.com
Date: 23 Feb 2004
Updated by: Blogger Team
----------------------------------------------- */

#navbar-iframe {
display: none !important;
}

/* Variable definitions
====================

4. Kemudian simpan.

Selamat menjalankan semoga sukses.....!!

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda sopan kami hargai

 
Copyright © 2016. ARTICLE ARPAN.
Design by ARPAN NEWS. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License