Mengenali Gejala Kecemasan dan Cara Mengatasinya

Monday 14 March 2011

Cemas atau dalam istilah inggrisnya Anxiety ( Gelisah) sering dialami sebagai perasaan takut - rasa takut yang intens bahwa sesuatu yang mengerikan akan terjadi seperti Anda mungkin akan mati, kehilangan kendali atas diri sendiri, atau kehilangan kewarasan Anda akibat trauma masa lalu. Pengalaman ini bisa sangat menakutkan, khususnya karena kecemasan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja - mungkin saat mengemudi di mobil Anda, berdiri di depan orang banya , berbaring di tempat tidur, atau hanya menonton TV. serangan Kecemasan mungkin tampak tidak biasa ketika bertemu, tapi biasanya hasil yang sangat umum dari 'kecemasan overload'. Lebih lanjut tentang serangan kecemasan dan panik.

Orang yang mudah cemas terhadap apa saja akan selalu berupaya untuk menghindar dari kehidupan yang lebih menantang, bagi dia hidup itu sebisa mungkin harus selalu menyenangkan tanpa harus ada tekanan. Yakinlah orang yang seperti ini sulit untuk bisa maju dan berkembang dalam artian untuk meraih kesuksesan.

Jenis Kecemasan
Agoraphobia (takut akan ruang terbuka). Agoraphobia, dalam arti lebih praktis, adalah benar-benar takut sensasi kecemasan Anda sendiri. Ketika Anda mulai lebih banyak kegiatan berhubungan dengan kecemasan, jumlah tempat atau orang dalam hidup Anda yang merasa nyaman secara logis akan menjadi lebih terbatas. Beberapa orang gelisah menjadi begitu kewalahan bahkan meninggalkan rumah mereka bisa sulit. Jangan khawatir, agoraphobia adalah salah satu fobia yang paling umum!

Kecemasan depersonalisasi lingkungan: Apakah Anda kadang merasa seperti Anda atau lingkungan Anda yang terasa asing karena lama baru mengunjunginya lagi? Atau bahwa ada sambungan antara dua?. Namun, jauh lebih mungkin bahwa rasa tak nyata merupakan hasil sederhana dari meningkatnya kesadaran batin bahwa semua kekacauan batin Anda dalam menerimanya, dalam artian ada pengalaman masa lalu yang membuat trauma akan kejadian itu terlulang lagi dilingkungan tersebut walaupun peristiwa itu sudah berlalu 20 tahun yang lalu.

Kecemasan Sosial: Ada banyak alasan orang menjadi tidak nyaman secara sosial, tapi hampir semua alasan tersebut adalah refleksi dari keinginan untuk menghindari beberapa jenis energi emosional yang timbul dalam situasi sosial. Misalnya Anda takut akan keramaian.

Ya semua masalah yang ada diatas dapat diatasi dengan SEFT berupa ketukan ringan pada titik syaraf yang telah ditentukan sambil membayangkan apa yang menjadi sumber kecemasannya.

Yang pertama; tahap persiapan menemukan sumber kecemasannya, kemudian dibayangkan sambil menekan sore spot (tulang yang ada di atas dada)’

Kedua; The Set Up (Do’a “Ya Allah walaupun saya cemas akan.... ...saya ikhlas menerimanya dan saya pasrahkan pada-Mu untuk penyembuhanya.

Ketiga; Mentapping ( ketukan ringan) pada ujung kepala sambil berucap saya ikhlas dan pasrah pada-Mu ya Allah 3 X, dilanjutkan pada pangkal antara alis kanan dan kiri, berlanjut tahap berikutnta yaitu ; samping pelipis mata, pada tulang dibawah mata, di bawah hidung, di dagu, 2 cm dari titik tengah selangka (tulang yang menonjol diatas dada, di bawah ketiak, pada Ibu jari, Telunjuk, Jari tengah, Jari kelingking, Dan terakhir karate chop ( samping telapak tangan dibawah jari kelingking).

Tahap penutup; Gammut Procedure yaitu menekan dengan menggunakan 2 jari yaitu telunjuk dan jari tengah. Sambil mata dipejamkan, kemudian buka kembali, lalu mata melirik ke kanan bawah, kemudian kekiri bawah, putar mata searah jarum jam 1X dengan hidung sebagai porosnya, kemudian putar mata berbalik arah 1 X , bergumam 3 detik tentang diri sendiri, berhitung dengan cepat 1-5, dan terakhir bergumam kembali tentang diri.

Semua dilakukan tidak sampai 10 menit. Yang terpenting dilakukan dalam kondisi ikhlas dan pasrah sepenuhnya pada Allah SWT.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda sopan kami hargai

 
Copyright © 2016. ARTICLE ARPAN.
Design by ARPAN NEWS. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License