SMPIT Luqman Balikpapan, Berjibaku Antara UNBK Dan Hari Anak Internasional

Thursday 7 November 2019


Hari ini, Kamis (07/11/2019), menjadi momen istimewa bagi kalangan anak-anak di dunia ini. Semua bersemangat merayakan Hari Anak Internasional. Beragam kegiatan yang telah dilakukan sekolah untuk memaknai momentum istimewa tersebut sebenarnya tidak hanya terjadi hari ini,jauh hari SMP Luqman Balikpapan selalu mengagendakan untuk belajar di luar kelas, tapi karena hari ini momentumnya maka tidak ada salahnya berpartisipasi kembali.

Kegiatan diawali pukul 07.30 Wita yaitu menyambut siswa dengan senyum, sapa, dan salam. Kemudian siswa diminta membuat kelompok dan masing-masing kelompok membuat yel-yel sebagai penyemangat awal selain juga menjaga kekompakan antar siswa. Kegiatan pembelajaran bahasa inggris terus berlajut dalam bentuk lomba antar individu. Dalam lomba tersebut siswa dapat menikmati suasana yang menyenangkan, selain juga bernilai education.

Itulah sedikit gambaran  yang telah dilakukan siswa SMPIT Luqman Hakim Balikpapan. "Khusus hari ini, anak-anak belajarnya di luar ruangan, bagaimana guru mengajar dengan suasana fun dan tercipta keramahan antar guru dan siswa" tutur Beny Kisnadi, selaku guru ELA dan Kesiswaan.

Di tengah suasana kehebohan adik siswa SMPIT Luqman dalam belajar, berbanding terbalik dengan kaka-kaka kelasnya yakni kelas 9 yang sangat hening di dalam ruangan.Rupanya mereka sangat fokus mengerjakan soal Bahasa Indonesia pada simulasi UNBK.

''Meski sifatnya tidak wajib, kita tekankan seluruh siswa harus tetap serius. Sebab, simulasi itu  sangat penting,untuk mengukur sejauh mana kesiapan adik-adik menghadapi UNBK sesungguhnya'' kata ustadz Achmad selaku kepala sekolah SMPIT Luqman Hakim Balikpapan.

Alhamdulillah di tengah kesibukan ustadz Fathan sebagai wali kelas 9, dan guru bidang ia telah berjibaku menyiapkan berkas terkait data siswa maupun sarana prasarana simulasi UNBK. Antara lain, komputer, internet, server dan kliennya menyesuaikan jumlah siswa.

''Untuk server insya Allah siap hanya saja perlu ada genset, untuk antisipasi kalau mati lampu,'' ujar ustadz Fathan selaku guru yang merangkap proctor UNBK. Penyampaian beliau tentu beralasan mengingat pada saat usai simulasi tadi pagi lampu sempat mati walaupun hanya beberapa saat.

SMPIT Luqman Al-Hakim yang sudah beberapa kali melakukan UNBK sejak tahun 2016/2017. Untuk pelaksanaan kemarin dan hari ini sudah terlaksana sesuai jadwal. Kegiatan simulasi UNBK dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama untuk putra dari pukul 07.30-09.30 dan sesi kedua putri dari pukul 10.00-12.00 bertempat di ruang labkom SMPIT Luqman Hakim Putri yang berlokasi di perumahan Arraudah Gn. Samarinda, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

SMPIT Luqman Al-Hakim telah menambah jam pelajaran (bimbel) bagi peserta UNBK bahkan untuk tahun ini kelas 8 juga diadakan bimbel.  Adanya pelajaran (bimbel) diharapkan ada pensuasanaan selain penguatan materi tentunya. Kegiatan bimbel ini sudah berlangsung sejak awal semester pertama.

''Siswa kita siapkan lebih cepat agar ada kesiapan. Sebab, kita juga berpacu dengan waktu dan agenda lainnya. Belum lagi nanti ada ujian sekolah berbasis nasional (USBN),'' kata salah satu guru mapel Luqman.

Dengan persiapan tersebut, para dewan guru berharap siswa lebih proaktif untuk bertanya apabila ada beberapa materi yang belum bisa dipahami, mengingat soal UNBK butuh waktu untuk memahaminya karena selevel higher order thinking skill (HOTS). ''Semoga selalu ada peningkatan dari tahun ke tahun serta pemerataan kemampuan, paling tidak mendekati'' harap dia lanjutnya. Aamin..*/red-Sarpani Arpan


No comments:

Post a Comment

Komentar Anda sopan kami hargai

 
Copyright © 2016. ARTICLE ARPAN.
Design by ARPAN NEWS. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License