Oleh : Sarpani, S.Psi
Ciri khas anak ADHD
Ciri khas anak ADHD
Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat apa yang dapat
diambil dari kegiatan menggambar bagi anak ADD/ADHD perlu diketahui pada
dasarnya setiap individu anak istimewa ini memiliki sifat dan karakter yang
unik yang tentu saja mereka memiliki
potensi dan bakat yang luar biasa.
Anak Hiperaktif atau
Attention Deficit Hyperactivity Disorder(ADHD) adalah dengan segala
problematikanya juga memiliki kelainan yaitu gangguan pada
pemusatan perhatian dan mudahnya bergerak kesana-kemari dengan kontrol
psikomotor yang kurang dan cendrung spontan, dan ini paling sering terjadi pada
masa kanak-kanak. Dalam hal ini saya memiliki pengalaman ketika punya anak
didik semasa ia menjalani dipendidikan taman kanak-kanak sebutlah namanya Adi,
usianya pada waktu itu 5 tahun, dan pada awal ananda Adi diterima diTK A, masuk kantor bersama kedua orangtuanya, ananda
tanpa merasa malu atau canggung langsung saja mendekati seorang guru yang
sedang mengetik dilaptop. Ananda tanpa rasa sungkan langsung menghampiri sang
guru sambil ikut memencet keyboardnya.
Pengalaman ini terus berlanjut,
ketika ananda Adi mengikuti proses kegiatan belajar sambil bermain diTK dari
awal semester hingga semester akhir, tidak ada sedikitpun saya perhatikan
ananda duduk tenang, ia sangat mudah bergerak keluar masuk ruangan dari ruangan
kelas pertama hingga kelas paling ujung.
Assesment dan
therapy menggambar
Dari hasil assessment yang saya lakukan, baik berupa observasi
langsung maupun melalui gambar dan media lainnya ananda baru bisa duduk tenang
pada saat menggambar dikertas dan juga pada saat saya arahkan ke komputer,
dikomputer ananda juga diminta menggambar melalui program tuxpaint. Dari
kegiatan stimulasi ini, kemudian saya coba bandingkan berapa lama waktu yang
dibutuhkan ananda pada saat menggambar dikertas dibanding ketika ia menggambar
dikomputer, maka terdapat perbedaan yang cukup signifikan, yaitu ananda lebih
betah menggambar di komputer selama kurang lebih 20 menit dan menggambar dikertas
10 menit.
Dari kegiatan
menggambar inilah saya mengajak ananda untuk selalu berbicara walaupun
bahasanya masih belum jelas, pada waktu masih diTK B namun dari proses yang
saya lakukan setiap hari, hingga berjalan selama setahun dan luar biasa
kemajuan yang saya lihat pada dirinya, awalnya memang saya akui untuk membujuk
dia agar mau mengambar bersama teman-temannya perlu waktu seminggu dan itu
biasanya dipancing terlebih dahulu dengan permainan yang ananda sukai seperti
meminjamkan mobil-mobilan, dan diberi waktu selama 10 menit untuk ia bermain,
setelah puas barulah saya memberikan kertas HVS dan kerayon.
Alhamdulillah dipagi
hari di dalam kelas saya selalu memberikan waktu untuk jurnal dalam bentuk
gambar tujuannya untuk menyalurkan emosi dalam bentuk gambar dan setiap anak
bebas menggambar apa saja pada kertasnya yang terpenting mereka merasa tidak
terbebani selain memang tujuannya ada cerita yang bisa kita tangkap dari gambar
yang mereka goreskan. Contohnya si Adi menggambar rumah dan mobil, maka sang
guru bisa mengafresiasi dan kemudian menanyakan kepada si Adi, “wah bagus
sekali gambarnya!” ini yang digambar mobil siapa ya?” maka dari pertanya
tersebut sang guru bisa melihat dan mendengarkan apa jawaban anak yang
terlontar tentu akan beragam jawabannya, ada yang menjawab spontan, malu-malu,
dan ada yang dengan rasa percaya diri bilang “ini mobil ayahku!” dan pertanyaan
guru terus berlanjut, begitupun pada gambar siswa-siswi lainnnya.
Tujuan menggambar
bagi anak ADHD
Kegiatan menggambar sesungguhnya adalah bagian dari curahan
pikiran, imajinasi, dan emosi, yang dituangkan ke dalam kertas. Kegiatan ini
juga bisa membuat anak lebih peka pada lingkungannya sehingga sensitivitas
emosinya terasah, selain memang sebagai sarana mengeluarkan luapan emosi dari
rumah dari kegiatan ini juga diharapkan ia jadi lebih terkondisikan dan tenang.
Ada beberapa hal
yang sering saya perhatikan, ananda kalau dilihat perkembangannya saat sekarang
sudah memiliki minat dan semangat yang tinggi dalam menggambar. Dan itu bisa
terlihat dari antusiasme dia berupa celotehan/perkataannya “Pak ayo hari ini
Adi mau menggambar” (aku mau gambar kapal dan pesawat), tetapi setelah memegang pencil dan hasilnya
saya lihat sudah lumayan bagus dibanding waktu kelas 1 hingga kelas 2.
Sebenernya semuanya itu tidak masalah yang jelas sudah ada antusiasme dari anak
special ini. meskipun ia tidak terlalu suka memberikan warna.
Fungsi menggambar /
mewarnai Secara fisik
Membantu koordinasi
mata dan tangan, aktivitas tangan akan membantu pengembangan rasa ( perasaan ),
ketangkasan/ketrampilan tangan, ketelitian dan genggaman tangan pada saat
menggoreskan pensil dikertas. Dan media ini tidak terbatas pada kertas dan alat
tulis tetapi juga melalui media komputer.
Secara kognitive
Membantu stimulasi
mental dan fokus pada kemampuan pemecahan masalah dan pengorganisasian
ide-ide,perhatian terhadap detail dan kreativitas ananda. Dari pengamatan saya
selama setahun menunjukkan ananda lebih suka kalau menggunakan media computer
minat ini sudah terlihat pada waktu ia masih diTK B dan tentu seiring dengan
waktu yang ananda lalui pada saat ananda kelas satu hingga kelas 5 sekarang
sangat jauh perbedaannya, khususnya pada kreatifitas dan ide-ide yang telah
dihasilkan. Dari mulai gambar yang statis hingga gambar yang sudah bergerak
dalam bentuk animasi (pivot).
Secara Sosial dan
Emosional
Membantu melepaskan
perasaan tegang dan mengurangi kecemasan, pemrosesan kepercayaan
diri,menfasilitasi identifikasi emosi dan ekspresi serta kesadaran akan
individualistis dan keunikan. Dan membangun rasa percaya diri ananda.
Secara sensory
Membantu fokus
perhatian visual dan pemrosesan, menstimulasi ujung-ujung jari,karena memang
ananda saya perhatikan untuk gaya belajarnya sangat visual dan juga auditori
meskipun tidak terlalu dominan
Secara komunikasi
Membantu
pengembangan non verbal ekspresi, emosi,ide dan pesan yang ingin
disampaikan,diskusi verbal tentang hasil karyanya, kesempatan untuk
menyampaikan ekspresi verbalnya secara spontan. Dan ini juga bagi saya adalah
moment untuk bertanya apa saja kegiatan yang ananda lakukan pada saat dirumah.
Secara Sosial dan
Emosional
Membantu kepercayaan
diri ananda untuk dapat menyelesaikan sebuah tugas/pekerjaan dan melatih
kesabaran. Dan biasanya ananda sangat susah untuk bisa menunggu giliran pada
saat diruang computer karena untuk belajar membuat gambar dan membuat animasi
dikomputer bagi ananda adalah kegiatan yang paling menyenangkan, masalahnya
adalah ketika terjadi pembagian kelompok ananda selalu ingin yang pertama masuk
keruangan computer. Disinilah saat yang tepat untuk memberikan pengertian pada
ananda.
Ya inilah sedikit pengalaman dalam menangani anak
special, semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Terkhusus bagi ayah bunda yang
memiliki anak spesial. Jangan pernah pesimis, berilah selalu dorongan motivasi
selain do'a yang selalu menjadi perhatian agar perkembangan mental dan karakternya menjadi
lebih baik.
No comments:
Post a Comment
Komentar Anda sopan kami hargai